Senin, 15 Agustus 2011

Tugas TIK 2

VEKTOR
·         WMF
·         SWF
·         CDR
·         AI

BITMAP
·         BMP
·         JPEG
·         GIF                             
·         PNG
·         TIFF


VEKTOR
1.WMF adalah kepanjangan dari Windows Meta File, WMF merupakan format file 16 bit yang mengandung informasi vector dan bitmap yang digunakan pada OS Windows dan digunakan oleh OS Windows untuk menampilkan gambar dan fax.

2. Small web format merupakan format yang digunakan secara luas untuk menampilkan animasi 2D, video, suara, gambar dan aplikasi data base beserta interaksinya dengan menggunakan bahasa pemrograman ActionScript

3. CDR adalah kependekan dari Compact Disk Recorder
Compact Disk Recorder apabila disingkat menjadi CDR


4. AI; format file image vector dari program aplikasi Adobe Illustrator.
Contoh file vektor adalah .wmf, swf , cdr dan .ai

BITMAP
1. BMP (BitMap Graphics). Format kuno dan abadi ini telah dikenal ketika sistem operasi DOS dan Windows sampai sekarang. File yang dihasilkan adalah .bmp.
2. JPEG (Joint Photographic Expert Group) atau JPG. Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale. Format file ini juga mampu menyimpan alpha channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya

3. GIF (Graphics Interchange Format). GIF terbatas dalam 256 warna saja (8 bit), hanya mendukung mode warna Grayscale, Bitmap dan Indexed Color, tapi salah satu warnanya bisa dibikin ‘transparan’. Sehingga kita bisa meletakkan gambar dengan warna latar yang berbeda-beda. Selain itu dapat dipakai sebagai animasi.. Format file ini merupakan format standar untuk publikasi elektronik dan internet.

4. PNG (Portable Network Graphics). Merupakan jalan alternatif pengganti GIF dengan mencontoh metode kompresi gambar LZW. Sekarang ini semua browser internet sudah mendukungnya. Format ini memiliki keistimewaan untuk menyimpan bermacammacam kedalaman warna. Format baru ini tidak mengikis ‘informasi’ warna dalam gambar seperti yang dilakukan JPG. PNG

5. TIFF (Tagged Image File Format). File yang dihasilkan adalah .tif, format ini sangat cocok digunakan untuk desktop publishing. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format file ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic)
Contoh bitmap adalah .bmp, .jpg, .gif.
Program aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap seperti Page Maker, Corel Photo Paint, CorelDraw, Adobe Photoshop, dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar